LOL - Rage Face Comics

Cerita Lama Menjelang Permulaan

Senin, 30 Juni 2014

          Terdengar jelas suara televisi sedang bersautan dengan kicau burung entah apa namanya dipagi yang cerah kala itu. Jadi harmoni sing enggak, karena memang yang diputer acara musik pagi yang lebih ngedepanin jokes sama pemandu-pemandunya itu. Kenapa muter itu? Kenapa enggak yang lain? Macam ftv kek, berita kek.. Alasannya simpel, pagi itu aku lagi nonton tv sama pake earphone. Iya earphone.. Ini emang nggak salah, hari itu tepat seminggu hari-hari tenang buat ngadepin Ujian Nasional SMP tahun 2011/2012 jika dimulai dari hari Sabtu. 

         Yang pasti emang pas momen-momen kayak gini bakalan dikasih materi habis-habisan sama Guru entah itu tambahan cara singkat buat jawab soal, kisi-kisi, ataupun tambahan soal yang udah pasti gue nggak bakalan ada semangat buat ngerjainnya. Dibilang males sich boleh, tapi kadang gue mikir ngapain juga dikerjain, toh ya nanti yang keluar kayak yang kisi-kisinya. Buat nambah perbendaharaan soal, ya itu mungkin emang cocok buat anak-anak yang bukan kayak gue :D . Dan dihari-hari tenang pun gue jarang belajar, tapi gue cuma beberapa hari ikut les matematika di guru favorit anak-anak yang diajar. Yah, emang karena gue agak males kalo ada pelajaran ngitung-ngitung. Tapi yang jelas, di kelas 9 semenjak smp dan diajar sama si Ibuk tersebut, buat gue jadi lebih manteb dan sadar kalo matematika itu ternyata mudah dan menyenangkan. Iya bener, bener pas soal-soalnya bisa gue kerjain, tapi kalo susah ya gue minta bantuan temen, hehe. Temen-temen gue smp banyak yang pinter sob, bener deh. Eitssss., lha kok malah sampe ke mana-mana -___-


          Kembali lagi soal earphone..., ah gue bilangnya headset aja ah~ . Yaap, Sabtu pagi itu gue lagi headset-an sambil nonton tv. Bukan, tv gue bukan LCD atau Plasma yang bisa dicolokin pake audio jack 3.5. Headset tetep gue pake di hape dan bukan juga cuma buat pasangan. Iya, saat itu gue lagi telpon sama temen gue, iya temen deket gue, iya Dia cewek, iya itu itu.. Entah kalian mau bilang apa, memang pagi itu gue di rumah sendirian. Si Bapak kerja, si Ibuk ada acara gatau apa tapi Dia pake kebaya dan kakak gue satu-satunya masih kuliah di Undip dan minggu itu nggak pulang. Momen yang tepat sob, momen buat nelponin temen gue itu :D . Hari-hari sebelumnya sih iya., kan hari tenang dan gue pas pagi pasti sendirian. Jadi gue putusin tiap pagi kyk gitu. Bosen? Enggak sama sekali. Rutinitas gue ya kyk gitu di hari-hari menjelang UN. Waktu les pun juga pas sore atau malem. Jadi, pagi hari gue sering sih nonton tv sambil telpon temen. Btw, gue ngelakuin itu di kamar kakak perempuan gue. Karena emang kamarnya lebih gedhe dibanding punya gue dan tv nya pun ada. Dan Sabtu pagi itu entah ngga tau kenapa suasananya beda, matahari pun udah ada pas jam9. Entah kenapa kalo gue liat keluar rumah pasti lebih terang.


          Pas gue liat keluar jendela kamar, gue kaget ternyata si Ibuk udah keluar dan lewat dari pintu belakang. Nggak nge bell dulu kayak biasanya atau entah lagi buru-buru. Dia pun pergi pake motor mio itemnya dan gue ngga tau Dia kemana. Udah kira-kira setengah jam gue telpon-telponan sambil liat tv, dan ternyata pas jeda gratisan telpon, ada yang telpon gue. Gue nggak tau itu siapa karena emang cuma nomor gundul pertanda kontak tak dikenal. Pencet tombol ijo, gue dengerin eh ada suara-suara ayam banyak banget. Dan ternyata itu Kakak cewek gue. Gue panik, dia nya nanya gue di mana tapi langsung aja gue mikir mungkin dia pulang dan ada di depan pintu belakang rumah lha wong suara ayamnya byk banget. FYI, si Pakdhe emang punya banyak ayam dan dia tinggal di samping rumah gue, jadi pikir gue ya si Kakak ada dibelakang. Tapi yang gue denger ini Kakak gue panik dan agak teriak dan nanyain si Ibuk dimana, gue jawabnya ya si Ibuk pergi gatau ke mana. Terus si kakak malah bilang si Ibuk kecelakaan, dia dikasih tau sama si Pakdhe, dan sekarang Ibuk udah dibawa ke Rumah Sakit. Setelah tau kabar itu, gue langsung telpon si Bapak dan nanyain tentang si Ibuk, dan ternyata si Bapak udah ada di RS dan Ibuk masih di UGD. Kalian mungkin yang belum ngalamin momen kayak gini gabakal ngerti rasa apa yang ada di hati gue. Setelah asyik-asyik an sama temen, ternyata ada kabar duka di akhir saat tersebut.


          Secepatnya gue ngasih kabar ke adik sama kakak si Ibuk  yang emang rumahnya sebaris sama rumah yang kami tinggali. Bergegas mandi terus sholat dzuhur dan mutusin pergi ke RS. Dan ternyata ada masalah lain lagi. Di rumah gue ternyata cuma ada motor kantor si Bapak dan saat itu gue masih belum lancar naik motor pake kopling.  Akhirnya gue barter dan pake motor bebek si Om, dan dia make motor si Bapak. Sesampainya di rs ternyata si Ibuk udh dipindah ke ICU, langsung ketemu si Bapak, Pakdhe sama istri dan anaknya. Gue tanya si Bapak tentang kronologisnya, dan ini masih samar menurut saksi si Ibuk ketabrak lari sama mobil bak terbuka semacam Colt atau L300 gitu. Si Ibuk luka paling parah ada di kepala bagian belakang sampe-sampe saat itu telinganya ngeluarin darah lumayan banyak padahal katanya helm nya masih nempel waktu udah jatuh. Kabar ini pertama kali diketahui sama tetangga dusun yang kenal si Pakdhe dan tau itu adiknya dan langsung dia ngasih tau si Pakdhe dan sampe ke Bapak. Motor sama barang bukti lainnya ada di Polres dan sedang di urus sama si Pakdhe.


          Saat itu gue bener-bener ngerasa bersalah dan malu sebagai anak yang malah acuh sama orang tuanya. Iya, gue udah ngga tau mau bilang apa lagi. Dan kebanyakan saudara-saudara gue malah prihatin sama gue karena hari Senin nya gue UN SMP. Gue nya sih cuek cuek aja, dan malah ngga mikirin itu. Hal yang gue pikirin saat itu ya si Ibuk. Lukanya lumayan parah dan luka dalap pula. Setelah di rontgen ternyata ada semacam pendarahan di otak dan itu yang bikin Ibuk ngeluh pusing kesakitan sama telinganya masih ngeluarin darah. Saat itu gue bener-bener udah acuh sama UN, seperti "Persetan dengan UN" lah pikiran gue waktu itu. Dan yang pasti saat itu gue nggabisa bagi pikiran gue tentang UN sama si Ibuk. Si kakak waktu itu langsung pulang dianter sama temennya dari Semarang dan banyak juga yang jenguk si Ibuk. Saat-saat itu beliau masih di ICU yang juga bersebelahan sama seorang pasien yang juga kecelakaan, waktu itu belum ada kamar kosong yang buat satu orang pasien. Berhubung si Ibuk itu dari kecil sampe sekarang ini terkenal baik jadinya banyak banget yang jenguk. Malam Minggu sama Minggunya si Bapak cuma mampir buat ngambil barang-barang sama pakaian Ibuk sama Kakak yang diperluin. Gue tidur di rumah sama dua kakak keponakan gue yang udh kelas 2 SMA sama yang masih SD. Dihari-hari UN gue tetep ke RS waktu siang sampe malem dan cuma belajar pakai buku ringkas ditengah malem pas gue udah di rumah. Gue nggak peduli tentang nilai gue, toh juga kayaknya semua soalnya juga bisa gue kerjain sendiri dan gue ngerasa nyaman dengan itu. Gue juga berterima kasih sama guru-guru yang udah ngajarin buat persiapan UN dan hasil akhirnya pun gue dapet nilai yang baik atau bagus malahan. Sekali lagi, gue ngucapin terima kasih buat para guru yang udah ngajarin gue sampe materi UN nya pun nempel di gue dan juga saudara sama temen-temen yang udah nyemangatin gue, tanpa kalian mungkin ngga bakalan indah akhir masaku di SMP ini, SMP Negeri 3 Purwodadi  :) 


          Mungkin ini emang klise, tapi kadang kalian juga patut mencerna kata-kata pepatah, "penyesalan itu datangnya di akhir" . Gimana caranya buat antisipasi penyesalan? Ya kuncinya kalian harus bener-bener mikir apa-apa yang bakal kalian lakuin. Apakah bermanfaat, apakah bener, kalian harus tau itu. Makanya Tuhan bedain kita sama binatang, kita itu dikasih pikiran buat mikir apa apa yang menurut Tuhan itu emang sesuai kehendaknya dan apa apa yang enggak :)

0 comments:

Posting Komentar

Komen yang bagus ya kalian. Percuma aja kalo mau komen yang jelek, ntar juga bisa gue hapus :p